Ledakan dan Suara Tembakan Terdengar di Rumah Sakit Militer Kabul, Afghanistan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Ibukota Afghanistan, Kabul, dilanda dua ledakan dan tembakan di rumah sakit militer kota tersebut.

Seorang juru bicara Taliban mengatakan ledakan pertama terjadi di depan Rumah Sakit Sardar Daud Khan yang memiliki 400 tempat tidur, dan ledakan kedua terjadi didekatnya.

Juru bicara tersebut menyatakan ada korban jiwa, namun tidak mengatakan jumlahnya. Seorang saksi mata mengatakan ada pertempuran di dalam rumah sakit tersebut.

Laporan yang belum dikonfirmasi menyatakan paling tidak 15 orang tewas dan puluhan mengalami luka-luka.

Foto-foto dan rekaman video di Kabul menunjukkan asap tebal di daerah tersebut dan ada suara tembakan.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan tersebut, namun media berita Bakhtar mengatakan para saksi mata melihat anggota-anggota ISIS memasuki rumah sakit dan bentrok dengan pasukan keamanan.

Taliban mengambil alih kendali Afghanistan pada bulan Agustus, ketika Amerika Serikat menarik kembali semua tentara mereka dalam konflik yang berlangsung selama 20 tahun.

Afiliasi lokal ISIS yang menyebut diri mereka sebagai ISIS-K telah beberapa kali menyerang warga sipil dan pasukan Taliban sejak mereka mengambil alih pemerintahan.

Sebuah pengeboman oleh ISIS-K di bandara internasional Kabul pada bulan Agustus menewaskan lebih dari 150 warga sipil dan 13 tentara AS.